Manajemen Bogor Trade Mall (BTM) mendirikan Galeri Batik untuk memanjakan pengunjung. Galeri di lantai 3 ini terdiri dari 35 tenan yang menawarkan berbagai model dan motif batik.

Para pedagang sebagian besar pengrajin dari Pekalongan. Mereka tergabung dalam paguyuban. Karena itu, produk batik yang disediakan di tempat tersebut langsung didatangkan dari daerah asalnya. Sebut saja Solo, Pekalongan dan Cirebon.

Manager Marketing Mall BTM, Sutanto mengatakan, pangsa pasar untuk batik memang masih sangat tinggi. Hampir semua segmentasi usia dan pengunjung melirik batik.

“Mulai dewasa, remaja hingga anak, masih banyak yang melirik batik sebagai salah satu tren pakaian. Karena itu pangsa pasarnya bisa dibilang masih luas.

Produk batik yang dijualpun sangat beragam. Mulai dari pakaian jadi untuk dewasa, perempuan, dan anak-anak bisa didapatkan dengan harga bersaing.

Selain itu, antara satu toko dengan toko lainnya memiliki produk yang berbeda, sehingga pengunjung bisa lebih bebas mengeksplor jenis dan motif yang diinginkan.

Karena galeri batik ini lokasinya dalam satu area, maka para pengun­jung juga bisa langsung bertanya kepada pedagang mengenai tren batik yang sedang banyak digemari.

“Se­bagian besar pedagang adalah para peng­rajin yang langsung membuat dan memasok batik dari daerah asalnya.

Surga Batik Couple

Tak hanya menyediakan batik dengan berbagai corak yang beragam, ada beberapa produk yang menjadi master piece di Galeri Batik BTM.
Sebut saja batik couple atau batik yang diperuntukkan bagi pasangan. Model untuk batik ini juga bervariasi. Misalnya untuk perempuan, ada model baby doll atau dress.

Sedangkan untuk laki-laki, model kemeja lengan pendek adalah yang paling diminati.

Seperti yang tersedia di salah satu tenan bernama Daris Batik. Mo­­del batik simpel yang didatangkan dari pekalongan dan Madura, menjadi master piece yang banyak diganderungi.

Penanggung Jawab Tenan, Mu­ham­mad Aminuddin, mengatakan, batik couple biasanya diburu pasangan un­tuk menghadiri acara tertentu.
“Memang banyak pasangan yang datang untuk beli batik couple. Apalagi kalau modelnya juga banyak disukai.

Selain itu, dress batik dan gaun juga menjadi alternatif pecinta batik yang ingin menambah koleksi pakaian batiknya.

Mengenai harga, karena didatangkan langsung dari daerah asalnya, maka relatif terjangkau. Mulai Rp40 ribu hingga Rp400 ribu lebih.

Tak hanya pakaian jadi, di galeri ini juga tersedia batik yang masih dalam bentuk kain atau belum dijahit.

Batik tulis, batik cap dan batik cetak dengan berbagai pilihan bahan baku. Seperti katun dan sutera. Jadi, bagi yang ingin mendesain model sendiri dan pas dengan ukuran tubuhnya, jangan khawatir tak kebagian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s