depok. Kinerja anggota DPRD Depok kembali disoal. Pasalnya, hingga kini belum dilakukan pengocokan ulang alat kelengkapan dewan, yang sejatinya telah rampung sejak 3 Februari lalu.

 

Padahal, masa jabatan 50 politisi yang menjadi wakil rakyat Depok ini sudah memasuki usia 2,5 tahun. Artinya, pengocokan ulang harus segera dilakukan.

Molornya pengocokan ulang komposisi alat kelengkapan dewan ini pun menuai sindiran, salah satunya dari Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Depok, Hasbullah Rahmad.

“Saya hanya mengingatkan teman-teman di DPRD, jangan sampai lupa pengocokan ulang alat kelengkapan dewan, karena usia mereka sudah 2,5 tahun. Saya khawatir mereka lupa,” kata Bang Has, sapaan akrab Hasbullah.

Saat dikonfirmasi Monde, Ketua DPRD Depok Rintis Yanto, mengatakan, kocok ulang alat kelengkapan akan dibahas dalam Badan Musyawarah (Bamus) yang akan digelar pekan depan.

“Jika tidak ada aral melintang,  InsyaAllah kami akan melakukan Bamus soal alat kelengkapan pekan depan,” kata Rintis.

Saat ditanya mengenai perubahan jabatan, semuanya akan diserahkan kepada fraksi dan anggota alat kelengkapan masing-masing.

Saat ini DPRD Depok memiliki enam alat kelengkapan, yaitu empat Komisi, Badan Kehormatan Dewan (BKD), dan Badan Legislasi (Banleg).

Dikatakan Rintis, masih ada dua fraksi yang belum menerima posisi ketua di alat kelengakapan yakni PDI Perjuangan dan Gerindra Bangsa. “Dalam hal ini, pimpinan DPRD tidak memiliki kewenangan untuk melakukan intervensi. Tiap-tiap fraksi dipersilahan melakukan lobi politik,” kata Rintis.

“Fraksi seyogianya tidak ngotot untuk menduduki posisi ketua, karena pimpinan alat kelengkapan dewan sifatnya kolektif kolegial,” katanya lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s