Anitha Putri Pramestyadi adalah seorang siswi kelas III SMA di Bandar lampung, dan dilahirkan di kota Bandar Lampung tepat pada tanggal 30 Desember 1993, dia belajar berenang pertama kalinya sejak usia 6 tahun.

Pengalaman Anitha pertama kali berenang yakni ikut perkumpulan renang Jaka Utama Bandar Lampung, yang di pimpin Bapak Arifin. Awal pertama kali ikut pertandingan pada tahun 2001 dalam kejuaraan “Jaka Sempurna Cup” dengan nomor 50 gaya dada dan punggung, pada saat itu Putri mendapatkan 2 medali perunggu.

Tahun 2002, 2003 dan 2004 mengikuti kejuaraan renang usia dini mewakili Propinsi Lampung, karena ingin prestasinya lebih baik. Putri melangkah ke yogya dan ikut bergabung pada perkumpulan renang Tirta Taruna, yang kebetulan ayah Anitha (Supriyadi, SH_red) menjabat sebagai sekretaris umum PR. Tirta Taruna.

Pada tahun 2005 dan 2006 Anitha terpaksa berhenti berenang karena perceraian kedua orang tuanya, dan anitha kembali pulang kelampung bersama mamanya. namun ketika ada gempa bumi 2006 yang mengakibatkan usaha ayahnya bangkrut anitha kembali ikut papanya di yogya dan mulai berenang lagi awal 2007.

Pada saat Kabupaten Bantul menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Propinsi DIY 2007, Anitha dipercaya sebagai atlit renang unggulan kabupaten bantul dan kemudian dikirim berlatih di Jakarta bersama Pelatih Nasional Bapak Radja Nasution.

Perhelatan Porprov tersebut Anitha berhasil mendapatkan 4 medali, yakni : 1 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu. Namun setelah prestasinya kurang dihargai di Bantul Anitha pindah ke kota Yogyakarta.

Kemudian anitha kembali berlatih bersama pelatih nasional Bapak Radja nasution dari tahun 2008 sampai 2011, prestasi yg pernah dimiliki Anitha adalah, 1 medali emas, 1 perak, 2 perunggu Porprov DIY 2007 dan 3 medali emas kejuaraan Se-Jateng 2008 yakni 1 medali emas dan 2 perak pada kejuaraan Walikota Yogyakarta Cup Se-Indonesia 2008, 2 medali emas kejuaraan Bupati Karang Anyar.

Perenang terbaik DSC Cup 2009 Se-Jateng DIY dgn 4 medali emas dan 2 perak, 4 medali emas dan 1 perak pada pekan olah raga Propinsi DIY 2009, 2 medali emas dan 2 perak pada Kejuaraan Nasional Mempora Cup 2010, 4 medali emas, 4 perak, dan 3 perunggu pada kejuaraan antar club se-Asean pada april 2011.

Walaupun pretasinya sudah cukup lumayan tetapi tidak ada satu daerah yang mau membina atau mengambilnya menjadi Atlit terbaik, karena dijakarta terkatung-kantung dan tidak memiliki tujuan akhirnya Anitha kembali ke yogyakarta dan berubah haluan menjadi Atlet Finswimming dibawah asuhan ayah kandungnya sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s